Kita Dianjurkan Untuk Makan Tidak Sambil Berbicara Karena Dapat Menyebabkan?

Kita dianjurkan untuk makan tidak sambil berbicara karena dapat menyebabkan tersedak. Peristiwa tersedak ini terjadi pada bagian batang tenggorokan. Hal itu bisa terjadi karena pada pangkal tersebut terdapat epiglotis.

Kita Dianjurkan Untuk Makan Tidak Sambil Berbicara Karena Dapat Menyebabkan

Dalam tenggorokan manusia terdapat sebuah otot yang memisahkan saluran pernafasan dengan pencernaan atau sering disebut epiglotis. Organ kecil ini terletak pada kontak suara atau pintu masuk laring.

Epiglotis memiliki fungsi yaitu untuk mencegah makanan dan minuman masuk ke saluran pernafasan. Salah satu jenis penyakit yang sering menyerang organ kecil ini adalah epiglotis atau peradangan.

Umumnya penyakit epiglotis ini sering menyerang anak-anak, apabila tidak ditangani dengan tepat bisa membahayakan nyawanya. Gejalanya meliputi demam tinggi, kesulitan bernafas, sakit saat menelan makanan dan minuman.

Mengapa Tidak Boleh Berbicara saat Makan?

Ketika seseorang sedang menelan makanan atau minuman organ kecil ini akan menutup laring. Dengan begitu bisa langsung diteruskan ke kerongkongan tanpa melewati jalur pernafasan. Namun sebaliknya epiglotis akan membuka saat udara keluar dan masuk dari trakea.

Jika Anda melakukan makan sambil berbicara bisa membuat epiglotis terbuka dan tertutup secara tiba-tiba, sehingga menyebabkan tersedak dan saluran pernafasan akan reflek mengeluarkannya.

Sekarang sudah tahu kan mengapa kita dianjurkan untuk makan tidak sambil berbicara karena dapat menyebabkan tersedak. Peristiwa tersedak ini terjadi pada bagian batang tenggorokan karena terdapat organ kecil yang bernama epiglotis.

Mencegah Epiglotis?

Peradangan ini umumnya terjadi karena tenggorokan terinfeksi bakteri streptococcus pneumoniae. Epiglotis yang tidak segera diatasi dapat menyebabkan kematian pada manusia. Hal itu bisa terjadi karena jalur keluar udara di saluran pernafasan terhalangi.

Untuk menghindari bakteri tersebut dapat dilakukan dengan cara rajinlah mencuci tangan dengan sabun, menjaga pola makan yang sehat, istirahat dengan cukup, menggunakan hand sanitizer dan berhenti merokok.

Selain itu bisa juga dilakukan dengan melakukan vaksinasi DPT, hepatitis B dan Hib. Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terserang penyakit epiglotis atau peradangan.

Sekarang sudah tahukan mengapa kita dianjurkan untuk makan tidak sambil berbicara karena dapat menyebabkan tersedak. Peristiwa tersedak ini terjadi pada bagian batang tenggorokan yang berbentuk seperti daun.

sumber: https://gokemedia.com

Leave a Comment